PROFIL PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QURAN
BAITUL  MUSLIM WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR

Diawali dengan cita-cita luhur para pendiri pondok yang ingin mempunyai lembaga pendidikan pencetak generasi rabbani yang berakhlak islami, serta menjadi wadah untuk generasi muda yang sudah terbina sejak usia dini, maka pada tahun 2006 para ustadz dan ustadzah dari berbagai wilayah di Indonesia, terutama yang bertanah kelahiran di Lampung Timur berkumpul dan bekerja sama untuk mendirikan sebuah lembaga dakwah, yakni Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara. Mereka adalah ustadz Indra Permana, ustadz Slamet Widodo, Ustadzah Suprihatin, Ustadzah Hindun, Ustadz Imantoko Riyanto, dan berbagai pihak yang turut membantu berdirinya lembaga ini.

 

Berawal dari 29 santri sebagai generasi pertama, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara berhasil menjadi salah satu pondok pesantren modern yang menjadi pelopor  berbagai inovasi baru, di antaranya adalah sebagai ponpes pertama yang memiliki buku raport digital yang hingga kini digunakan oleh seluruh instansi pendidikan di Lampung Timur, ponpes pertama yang memiliki seragam khas, serta ponpes pertama yang memiliki jam belajar panjang sebagai cikal bakal lahirnya sistem full day school.

 

Menjawab revolusi industry 4.0, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara memiliki visi Mewujudkan lembaga pendidikan yang profesional untuk menyiapkan generasi qur'ani yang taqwa, cerdas, terampil, mandiri dan berkepribadian islami. Visi tersebut didukung dengan berbagai misi.

1. Menyiapkan generasi Islam yang mampu membaca Al-Qur'an dengan tahsin yang benar dan memiliki hafalan minimal 3 juz.

2. Memadukan nilai-nilai Islam dalam semua kegiatan akademis dan non akademis.

3. Menerapkan strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan, dan islami.

4. Mewujudkan program ekstrakurikuler yang terprogram dan terukur sehingga mendukung pencapaian prestasi siswa, dibidang akademis dan non akademis.

5. Membangun karakter Islam melalui proses keteladanan, pembiasaan dan pendampingan siswa.

6. Memberi pelayanan dengan baik.

 

Untuk mendukung pencapaian visi-misi tersebut, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara menyiapkan berbagai program unggulan yaitu:

 

Program Boarding Tahfizh adalah program unggulan yang bertujuan  mencetak hafizh/ah yang mutqin. Diasuh oleh asatidzah hafizh/ah yang kompeten di bidangnya. Tidak hanya mencetak hafizh/ah, namun juga mencetak santriwan dan santriwati yang berprestasi dalam bidang akademis dan non akademis.  Program ini sudah mencetak hafizh/hafizhah yang kini tersebar di berbagai lembaga pendidikan dan kampus favorit.

 

Program Full Day Tahfizh memiliki tujuan yang sama dengan boarding tahfizh, tetapi program ini diperuntukkan bagi santriwan dan santriwati yang bermukim di sekitar lingkungan pondok pesantren, sehingga mereka tidak menetap di pondok.



Selain itu, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara memiliki program khusus, yaitu ISC dan Pramuka SIT. Islamic Study Club (ISC) yang bertujuan untuk membekali santri dengan ilmu agama yang mendalam, sehingga menciptakan santriwan dan santriwati yang berakhlaq mulia, sedangkan Pramuka SIT adalah program yang bertujuan meningkatkan life skill dan kemandirian santri dengan mengintegrasikan ilmu agama di dalamnya.

 

Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, menarik dan menyenangkan, Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara memiliki ruang belajar ber-AC yang nyaman, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, masjid sekolah dan masjid asrama, lapangan futsal dan basket, lapangan badminton, kantin dan minimarket sekolah, perpustakaan, asrama yang nyaman, lingkungan sekolah yang strategis, dan sarana prasarana pendukung lainnya.

 

Berbagai ekstrakulikuler pun hadir untuk mengembangkan bakat dan prestasi para santri dalam bidang akademis dan non akademis, di antara nya:

01. Olimpiade IPA

02. Olimpiade IPS

03. Olimpiade matematika

04. English club

05. Arabic club

06. Bioteknologi

07. Design grafis

08. Handy craf

09. Jurnalistik

10. Karate

11. Taekwondo

12. Panahan

13. Badminton

14. Volley ball

15. Futsal

16. Melukis 

17. Seni Tari 

18. Kaligrafi

19. BSMR (PMR)

20. Qiraah 

21. Pencak silat

22. Seni Musik

23. Hadrah

Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara terus berbenah dan meningkatkan mutunya. Akreditasi Unggul (A) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Menengah (BAN-SM) sudah dikantongi. Tidak hanya itu, Lisensi dari Badan Lisensi Sekolah Islam Terpadu Indonesia (BL-SIT) pun diperoleh dengan predikat Band-4 (Baik). Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Baitul Muslim Way Jepara juga teregistrasi di Kementerian Agama dalam penerapan kurikulum pesantren.

Sekolah kami juga merupakan salah satu sekolah yang dipilih oleh Kemendikbud RI sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Lampung Timur
, dipimpin oleh kepala sekolah penggerak, didukung oleh guru-guru penggerak, serta guru-guru yang profesional dibidangnya yang berasal dari lulusan universitas dalam dan luar negeri.

 

Dengan memadukan kurikulum Dinas, JSIT, dan Kemenag, menjadikan Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Muslim Way Jepara paket lengkap untuk mencetak generasi penerus bangsa dan agama.

 

Dari SMP IT Baitul Muslim juga telah lahir para alumni yang mampu menggapai asanya masing-masing. Merekalah Sang Polisi, Pengusaha, Guru, Dai, Bidan, Psikolog, TNI,dan berbagai profesi lainnya.

Daftar PSB Online
Daftar