Di Masjid Kami Mempelajari Adab Sebelum Mempelajari Ilmu

Way Jepara (06/04)— Letak matahari hampir di atas kepala pada pukul 10.00 WIB pagi ini tak memudarkan semangat siswi SMPIT Baitul Muslim untuk mengikuti kegiatan selanjutnya setelah kegiatan Safari Ramadan. Materi Sanlat pertama ini disampaikan oleh Bu Sri Sugiarti atau lebih sering Bu Atik ini adalah kepala sekolah SDIT Baitul Muslim. Materi yang disampaikan tentang “Adab Sebelum Menuntut Ilmu”. 


Sesunguhnya kita dalam zaman yang mengalami degradasi moral atau disebut juga kemerosotan moral. Banyak remaja yang mengalami kemerosotan moral yang dimana seorang anak yang berperilaku tidak sopan terhadap orang tuanya. Ulama terdahulu pernah berkata, “Barang siapa yang meremehkan adab, maka akan sulit dalam melaksanakan ibadah sunah. Barang siapa yang meremehkan ibadah sunah, maka ibadah wajibnya akan sulit dilaksanakan. Barang siapa yang meremehkan ibadah wajib, maka ia tidak memiliki ma’rifat di surga kelak”. Ma’rifat adalah pengenalan kita terkait agama kita, tuhan kita, Rasul kita dan identitas kita sebagai makhluk Allah. 


Penyampaian materi yang disampaikan Bu Atik ini membuat beberapa siswi sibuk mencatat, beberapa juga mengantuk. Namun setiap ada siswi yang mengantuk Bu Atik mengingatkan bahwa salah satu adab dalam menuntut ilmu adalah sabar, salah satunya sabar dengan menahan kantuk. 


Di akhir acara ditutup dengan pemberian bingkisan untuk Bu Atik dan juga doa oleh Bu Siti Istinganah. Setelah kegiatan ini, seluruh siswa segera mengambil air wudu dan melakasanakan Solat Zuhur berjamaah.