SERUNYA OUTBOUND SANTRI BOARDING IKHWAN

Di pagi yang cerah berawan, tepatnya hari Minggu, 20 November 2022, para santri boarding SMPIT Baitul Muslim mengisi hari liburnya dengan agenda yang sangat menarik, yaitu outbound. Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental. Kegiatan Outbound dilaksanakan di lapangan PU dari pukul 07:00 s/d 11:30 WIB. Tujuan dilaksanakan agenda Outbound adalah untuk menambah semangat para santri yang akan menghadapi Kegiatan Belajar Mengajar Full selama dua pekan kedepan dan dilanjutkan dengan ujian yang menumpuk.

Sebelum memulai kegiatan yang satu ini, para santri melaksanakan Shalat Dhuha berjamaah terlebih dahulu. Setelah itu para santri berangkat ke lapangan PU dengan tertib. Sesampainya di lapangan, sembari menunggu para instruktur outbound datang, para santri diarahkan oleh Ustadz Sofyan

Setelah usai melakukan pemanasan para santri diintruksikan oleh para instruktur untuk membuat lingkaran besar, kegiatan outbound akan segera dimulai. Tetapi tak kenal maka tak sayang, sebelum memulai kegiatan tersebut, para instruktur akan memperkenalkan dirinya kepada seluruh santri SMPIT Baitul Muslim. Setelah selesai berkenalan, para instruktur mengajak para santri memainkan sebuah permainan yang melatih konsentrasi. Permainan itu bernama “Bos Telah Berkata”, dipermainan ini harus melakukan perintah yang di intruksikan oleh Bapak Heri –Selaku instruktur kegiatan outbound pada kali ini.

Setelah melakukan permainan tersebut seluruh santri dibagi menjadi beberapa kelompok , untuk bermain di berbagai wahana hiburan yang telah disediakan. Wahana hiburan tersebut antara lain : Flying fox, Spider net, tangkap laba-laba dan Meniti di atas tali. Para santri sangat berantusias mencoba seluruh wahana yang ada. Diharapkan, kegiatan outbound di alam terbuka dapat meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat.

Setelah menikmati berbagai permainan seluruh santri mengambil snack yang telah di sediakan dan akan di bagikan oleh para asatidz. Sebagai rasa tangung jawab, para santri memungut sampah yang berserakan di sekitar lapangan kemudian seluruh santri berbaris rapih dan kembali ke asrama masing masing untuk shalat dzuhur dan beristirahat.

 

Dhanish Ramadhan-Tim Jurnalistik