SMP IT Baitul Muslim Ikut Memeriahkan Ulang Tahun Ke-50 Desa Labuhan Ratu 1

Way Jepara – Sabtu, 24 September 2022, SMP IT Baitul Muslim ikut menyemarakkan Hari Ulang Tahun Desa Labuhan Ratu 1 yang bertemakan “bangkit Bersama Menuju Ekonomi Lebih Kuat di ajang karnaval.

Pagi yang cerah, sinar matahari bersinar cukup terang hari ini dan mengenai wajah para siswa-siswi SMP IT Baitul Muslim, yang sudah siap untuk mengawali  pagi dengan melaksanakan ibadah seperti membaca dzikir al- matsurat,membaca asmaul husna dan melaksanakan sholat duha berjamaah, setelah melaksanakan rutinitas ibadah tersebut, seperti biasa, siswa-siswi langsung menuju ke lapangan sekolah  untuk melakukan senam sehat bersama.

Namun, ada hal yang membuat kami lebih bersemangat dari hari biasanya, mengapa? Karna hari ini kami akan ikut serta dalam memeriahkan HUT ke-50 Desa Labuhan Ratu 1. Seluruh siswa diikutsertakan dalam karnaval dengan memakai kostum seragam sekolah yaitu pramuka, baju batik khas, dan kaos pramuka. Musik angklungpun ikut terjun langsung dalam karnaval dengan suara merdunya yang dimainkan oleh para siswa yang mengikuti ekskul musik.

Sebelum karnaval,  untuk memeriahkan hari ulang tahun ini ada beberapa serangkaian acara yang sudah dilakukan oleh masyarakat sekitar di antaranya turnamen sepak bola, turnamen futsal dan lomba senam tingkat desa.

 Tidak hanya itu, hari ini adalah puncak acara dari serangkaian acara yang sudah disiapkan panitia untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-50 Desa Labuhan Ratu 1 ini, di antaranya karnaval antardusun, pagelaran wayang kulit, bazar UMKM, santunan anak yatim dan piatu, lomba kebersihan dan unik rapih dusun, dan kesenian jaranan.

 Acara di pagi ini diawali dengan karnaval desa, yang di gelar di Lapangan Labtu 1 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB s/d selesai, acara ini di pandu oleh pak Gatot selaku MC, kemudian dilanjut oleh Bapak Untung Supeno, dan di buka oleh bapak kepala desa labuhan Ratu 1 , Bapak Sofian.

Peserta yang mengikuti karnaval ini derasal dari beberapa dusun yang ada di sekitaran desa Labuhan Ratu 1. Peserta yang mengikuti karnaval sangat antusias, terbukti dari semangat mereka dalam menyiapkan kostum dan pernak-pernik karnaval. Ada yang memakai baju adat dari berbagai daerah, baju kreasi yang unik dan menarik, serta baju profesi dari mulai pelajara, petani, guru, dan lain-lain.. Ternyata tidak hanya peserta yang memakai baju adat atau kreasi saja , namun alat transportasi juga ikut dihias, seperti mobil, sepeda ontel, sepeda hias, dan motor.

Acara karnaval ini di pimpin oleh polisi yang berada di barisan paling depan dan diikuti oleh pasukan drum band dari SMP YPI 3 serta disusul seluruh peserta dimulai dari Dusun 1. Acara ini juga di bantu oleh hansip sebagai keamanan dan untuk memudahkan lalu lintas dan berjalannya acara. Rute untuk karnaval ini di mulai dari lapangan labtu berjalan menuju masjid Al-Ikhlas belok kiri,berjalan terus menuju 1/3 an SMA Teladan belok kiri lagi ,lurus menuju “Sakina” dan balik lagi ke Lapangan Labtu.

Setelah sampai ke lapangan labtu, kami langsung menuju ke bazar yang berasal dari berbagai UMKM termasuk Koperasi SMP IT Baitul Muslim yang turut serta meramaikan bazar tersebut.  Hidangan dan sajian di bazar sudah menyambut para peserta karnaval maupun masyarakat sekitar dengan makanan dan minuman yang menggugah selera di antaranya es buah, es teh, es marjan, kue putri ayu ,sosis bakar, batagor dan masih banyak lagi. Di sini kami menikmati makanan yang sudah di beli seraya menunggu azan dzuhur tiba.       

Tim jurnalistik -  Vina/Saski