KALIPATRA Media Kreasi, Inovasi, dan Literasi

Tim jurnalistik adalah kelompok yang mengumpulkan dan melaporkan suatu peristiwa kemudian disebarkan melalui media. Dalam ekstrakulikuler jurnalistik di SMP IT Baitul Muslim tidak hanya membuat berita berupa artikel dan wawancara malainkan juga membuat buletin bulanan yang diberi nama Kalipatra.

Kalipatra adalah suatu majalah yang berisikan informasi dan pengetahuan umum, baik tentang sekolah maupun tentang hal menarik lainnya. Walaupun sempat terhenti penerbitannya akibat pandemi, akhirnya kalipatra dapat diproduksi lagi tahun ini dimulai dengan edisi September. Berkat usaha dan kerja keras tim jurnalistik, serta bimbingan dari para pembina, pada tanggal 19 September 2022 kalipatra terbit perdana setelah pandemi dan dapat dicetak lalu dibagikan kepada seluruh kelas, dewan guru, serta dibagikan secara online melalui website SMP IT Baitul Muslim dengan tujuan menambah minat baca serta menjadi media kreasi, inovasi, dan literasi bagi seluruh siswa.

WhatsApp Image 2022-09-21 at 21.25.32

Kalipatra bulan ini bertemakan ‘Sejarah Kemerdekaan Indonesia’ karena semangat kemerdekaan dibulan Agustus masih terasa sampai saat ini. Selain mengkaji tentang sejarah kemerdekaan, di dalam kalipatra juga tedapat profil guru dan siswa berprestasi dengan tujuan memotivasi dan menginspirasi siswa lainya. Terdapat juga pojok sastra yang menjadi wadah untuk menumpahkan karya tulis serta IPTEK dan OASE yang bertujuan meningkatkan minat baca dan wawasan bagi keluarga besar SMP IT Baitul Muslim. Tentunya tidak hanya itu, masih banyak lagi kajian-kajian serta pambahasan menarik di dalam kalipatra yang mewarnai pada setiap lembarnya.


Untuk rencana selanjutnya, kalipatra akan terus diterbitkan setiap 1-2 bulan sekali dan menjadi buletin rutin bagi warga SMP IT Baitul Muslim khususnya dan masyarakat pada umumnya.

 

Alfreda/Farel – Tim Jurnalistik