Siswi SMPIT Baitul Muslim Belajar Membuat Eco Enzyme

Way Jepara - 10 September 2022.
Kegiatan Sabtu pagi berjalan normal sebagaimana biasanya namun ada satu kegiatan tambahan. Yaitu pembuatan eco enzyme. Setelah melakukan kegiatan senam bersama, para siswa dan siswi di minta untuk memasuki tempat yang sudah disediakan. Para siswipun bergegas sembari membawa bahan-bahan sudah mereka persiapan dari rumah untuk membuat eco enzyme. Untuk para siswi berlokasi di LABORATORIUM IPA. 


Yang membimbing acara tersebut adalah Ibu Herlina. Beliau menjelaskan apa itu pengertian eco enzyme dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. "Eco enzyme memiliki banyak sekali manfaat ya. Bisa menjadi pupuk agar tanaman kita tumbuh dengan segar dan tentunya menambah kualitas tanah. Uniknya, eco enzyme ini bisa di gunakan untuk tambahan produk rumah tangga, seperti shampoo, deterjen, sabun pencuci piring dan sebagainya." Jelas beliau. 


Setelah mendapatkan materi, Ibu Herlina pun mulai memilah bahan bahan yang di perlukan. Beliau membagi 60gr gula merah kepada setiap meja para siswi. Lalu menginstruksikan untuk menuangkan 600ml air ke dalam toples, di lanjut dengan membahkan gula merah. aduk hingga gula merah larut. Selanjutnya masukkan 80% kulit buah-buahan dan 20% kulit sayuran ke dalam toples. Terakhir, tutup toples dengan rapat. Tambahkan isolasi, dan pastikan tidak ada lubang yang terbuka di dalam toples. Eco enzyme perlu di diamkan selama 3 bulan agar bisa di gunakan. 


Setelah membuat eco enzyme, para siswi di ajak untuk foto bersama sebagai dokumentasi dan di lanjut dengan kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat mereka.

DAFTAR SANTRI BARU