MENJAGA KESEHATAN DI MUSIM PENGHUJAN

Di musim penghujan seperti ini tentunya rawan sekali terjadi penyakit yang membuat imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu, menjaga kesehatan serta kebersihan sangat penting dan diperlukan dalam upaya menjaga kesehatan.


 Dalam menjaga kesehatan berhubungan erat dengan faktor makanan yang menyehatkan yang dikonsumsi serta menjauhi  pola makan tidak sehat yang menimbulkan penyakit. Pola makanan yang sehat dan seimbang akan membentuk tubuh yang sehat. Makanan dengan gizi seimbang tersebut  memiliki kandungan yang terdiri dari karbohidrat, lemak , protein, vitamin, dan mineral. Gizi berfungsi sebagai pembangun dalam tubuh. Jika kita tidak mendapatkan makanan bergizi akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kualitas makanan yang kita konsumsi.  Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, daya tahan tubuh seseorang juga akan terjaga.


Selain gizi pada makanan, minum air 8 gelas perhari juga sangat dianjurkan. Pada dasarnya orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya 8 gelas perhari atau setara 250 ml tiap gelasnya. Minum air 8 gelas perhari juga sangat dianjurkan karena dapat memelihara fungsi ginjal, menghindari dehidrasi, mengurangi risiko kanker kandung kemih, memperlancar pencernaan, dan masih banyak lagi manfaat lainya.


Selain faktor makanan, pola tidur yang baik dan teratur juga sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan. Waktu tidur yang baik berkisar 8 jam/malam dan 30 menit-2 jam untuk tidur siang. Jika tubuh kita kurang beristirahat, maka kinerjanya akan berkurang dan tidak produktif.


Dalam menjaga kesehatan tubuh, kita juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup dan diperlukan bagi tubuh. Aktifitas fisik yang bisa kita lakukan dalam upaya menjaga kesehatan di antaranya adalah olahraga seperti  jogging. Kita dapat melakukan aktifitas fisik/ berolahraga selama 15 menit perhari.


Selanjutnya pengelolaan stress juga perlu diperhatikan dalam upaya menjaga kesehatan. Stress dapat mengganggu kesehatan tubuh. Jika terlalu sering mengalami stres yang  tidak dikelola dapat menurunkan kesehatan baik fisik maupun mental. Kita dapat mengelola stress dengan cara istirahat yang cukup, menarik nafas dalam-dalam, makan dengan benar, olahraga ringan, mendengarkan musik, visualisasi, berbicara dengan teman dan keluarga, dan lain-lain. 


Poin terakhir adalah  menjaga kebersihan seperti mencuci tangan, mandi, sikat gigi dan lainnya yang juga sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan karena kebersihan diri kita dan lingkungan sekitar sangat mempengaruhi kesehatan.


Demikian tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam upaya menjaga kesehatan. Di antaranya adalah menjaga pola makanan yang sehat dan bergizi seimbang, minum air putih yang cukup, menjaga pola tidur yang baik dan teratur, melakukan aktivitas fisik yang cukup, mengelola stress dengan baik, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

 Cintai kesehatan diri kita, mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.


Hasil podcast dengan narasumber dari puskesmas Way Jepara Lampung Timur, Selasa, 23 Agustus 2022

Penulis : Alfreda Nabil Arya Putra/ Farel Aditya-Tim Jurnalistik